Beberapa Jenis Fitting dari Rucika. Gunakan, Yuk!

Fitting pipa dari Rucika memang memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem perpipaan. Lantas, apakah yang dimaksud dengan fitting pipa? Fitting pipa sendiri merupakan salah satu komponen pemipaan, yang memiliki fungsi untuk mengubah aliran, menyebarkan aliran, membesarkan aliran, mengecilkan aliran, hingga menyambungkan antara satu pipa dengan pipa lainnya.

Sama halnya dengan pipa, fitting pipa dari Rucika ini pun terdiri dari banyak jenis dan ragam, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Elbow. Salah satu jenis fitting tersebut adalah Elbow. Elbow merupakan alat penyambung pada pipa yang berfungsi untuk membelokkan arah aliran air. Layaknya sebuah tikungan di jalan yang digunakan untuk berbelok oleh kendaraan, maka Elbow pada pipa digunakan untuk membelokkan aliran fluida. Biasanya, sambungan jenis ini memiliki beberapa jenis seperti 25 derajat, 45 derajat, hingga 90 derajat.
  2. Tee. Selain itu, tersedia pula fitting bernama Tee. Biasanya, alat penyambung satu ini digunakan untuk mengalirkan aliran fluida yang bercabang. Seperti ibarat kalau sebuah jalan, berarti fitting jenis tee ini adalah pertigaan. Terdapat beberapa jenis tee yang bisa digunakan untuk mengalirkan aliran fluida seperti tee yang tegak lurus, tee yang sedikit bengkok dan membentuk sudut 45 derajat (umumnya digunakan untuk mengalirkan fluida bertekanan rendah), dan masih banyak yang lainnya.
  3. Double Nipple. Adapula fitting Double Nipple (AW). Fitting jenis ini biasanya terbuat dari bahan kuningan sehingga lebih awet dan tahan lama. Fungsi dari fitting ini sendiri adalah untuk adaptor agar bisa menyambungkan housing dengan peralatan atau fitting jenis lainnya yang memiliki drat ½. Karakteristik utama dari fitting ini adalah memiliki gerigi di antara kedua sisinya, baik sisi kanan maupun sisi kiri.
  4. Flanges. Tak hanya itu saja, tersedia juga fitting jenis lainnya seperti flanges. Flanges sendiri merupakan alat yang digunakan untuk menggabungkan antara dua elemen pipa menggunakan valve atau dengan equipment lainnya menjadi satu kesatuan utuh dan memakai baut sebagai media perekatnya. Biasanya, flanges memiliki jenis dan ukuran bervariasi tergantung pada pipa yang digunakan untuk saluran air.
  5. Increaser. Fitting Increaser merupakan sambungan yang cukup besar karena dapat memasangkan vlok sok berbeda, di mana ukuran yang lebih kecil biasanya dipasang untuk bagian bawah dengan tujuan melancarkan aliran air atau dipasang secara terbalik (dengan posisi menghadap ke atas) untuk mencegah arus balik.

Bukan cuma fitting yang sudah dituliskan di atas, masih ada jenis fitting lainnya yang juga cocok digunakan untuk menyambungkan pipa saluran air seperti Faucet Elbow with Metal Insert (AW), Reducing Socket (AW), Faucet Socket (AW), Union-Socket-AW, Faucet Tee, dan masih banyak yang lainnya.

Mau membeli fitting untuk saluran air? Gunakan fitting dari Rucika!

Comments are closed.